Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa yang berpartisipasi aktif, gaduh, serta kurang fokus dalam pembelajaran matematika.  Untuk mengatasi masalah tersebut lebih tepatnya motivasi belajar matematika yakni dengan menerapkan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME).  Metode dalam penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.  Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Adiarsa Barat II dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa.  Berdasarkan hasil penelitian didapat motivasi belajar matematika siswa pra siklus sebesar 62,13%. Setelah menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education pada siklus 1, nilai motivasi siswa mencapai 74,74% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,72%. Hal ini menunjukkan bahwa Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika Kelas IV Sekolah Dasar.Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Motivasi Belajar MatematikaÂ
Copyrights © 2020