Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan mengadakan variasi mengajar yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 kelas B tahun akademik 2021 dalam mata kuliah pembelajaran mikro. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti melaksanakan kegiatan melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi serta menggunakan metode penelitian deskriptif. Tahap pertama yang dilakukan adalah perencanaan, dalam tahap perencanaan mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan mereka gunakan dalam pembelajaran mikro. Selanjutnya adalah tahap pelaksanaan, mahasiswa mengajar mengunakan RPP yang telah dibuat kepada kelas mikro. Tahap terakhir adalah evalasi, pada saat mahasiswa yang melaksanakan kegiatan mengajar, mahasiswa yang lain memberikan penilaiannya dengan angket. Berdasarkan hasil analisis data perolehan nilai rata-rata keterampilan mengadakan variasai mengajar yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 tahun akademik 2021 dalam mata kuliah pembelajaran mikro sebagai berikut keterampilan mengadakan variasi memperoleh nilai 61,12%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 termasuk pada kategori baik disetiap keterampilnya.Kata Kunci: Keterampilan, Pembelajaran Mikro, Variasi Abstract. This study aims to determine the ability of teaching variation skills possessed by PGSD students in the 6th semester of class B in the 2021 academic year in micro learning courses. To achieve the research objectives, the researcher carried out activities through three stages, namely the planning stage, implementation stage, and evaluation stage and used descriptive research methods. The first stage is planning, in the planning stage students make a Learning Implementation Plan (RPP) which they will use in micro learning. Next is the implementation stage, students teach using the lesson plans that have been made to the micro class. The last stage is evaluation, when students carry out teaching activities, other students provide their assessments with questionnaires. Based on the results of the data analysis, the average value of skills in conducting teaching variations owned by PGSD students in the 6th semester of the 2021 academic year in micro learning courses as follows: skills in conducting variations obtained a score of 61.12%. So, it can be concluded that the skills possessed by 6th semester PGSD students are included in the good category in each skill.Keywords: Skills, Micro Learning, Variation
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021