Abstrak. Penelitian Tindakan Sekolah bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui In House Training Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM), kegiatan ini dilakukan berdasarkan hasil supervisi akademik yang diperoleh hasil, 35% guru sudah melakukan pembelajaran secara aktif, dan 65 % pembelajarannya berbasis konvensional, yang mengakibatkan pasifnya siswa dalam pembelajaran dan juga kurang berkembangnya potensi siswa seperti, inovatif, kreatif dan menyenangkan. PAIKEM merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang mengembangkan potensi ,gagasan dan kreativitas. Tindakan dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi pada siklus I mengindikasikan bahwa baru tiga dari empat belas guru telah mampu mengaktifkan siswa,menggunakan lembar kerja,dan memberikan reaward ,sedangkan sebelas guru baru mengaktifkan siswa dan menggunakan reward, artinya pemahaman guru tentang PAIKEM kurang . Pada siklus II, hasil pengamatan dan refleksi menunjukkan terjadinya peningkatan dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran aktif,efektif ,kreatif ,namun belum inovatif. Sehingga peneliti menyimpulkan meningkatnya pemahaman guru tentang PAIKEM dan penggunaannya pada pengembangan pembelajaran  dalam penyusunan RPP,meningkatnya kemampuan guru pada pengembangan PAIKEM dalam penyusunan RPP dan  adanya upaya dari guru untuk lebih meningkatkan profesionalismenya dalam penyusunan perencanaan pembelajaran, ditunjukkan dengan aktivitas guru dalam kegiatan KKG sekolah.Kata Kunci: PAIKEM, IHT, Kompetensi Pedagogik
Copyrights © 2020