Publish : Basic and Applied Research Publication on Communications
Vol 1 No 1 (2022)

Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) di Media Sosial Twitter @avoskinbeuaty Terhadap Keputusan Pembelian Avoskin

Bunga Rizky Oktaviani (Universitas Pancasila)
B. Helpris Estaswara (Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Melakukan perawatan di klinik atau pun pembelian kosmetik, kini telah menjelma sebagai kebutuhan yang esensial. Kondisi ini disebabkan karena adanya pemahaman yang tinggi mengenai pentingnya penampilan diri. Akibatnya, terjadi peningkatan penjualan produk kecantikan, bahkan pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia, terlebih perusahaan kosmetik. Akhirnya, merek-merek kosmetik melakukan strategi komunikasi pemasaran. Komunikasi electronic word of mouth (eWOM) merupakan satu diantara bentuk komunikasi pemasaran mengenai ulasan konsumen kepada konsumen lainnya perihal merek, produk, jasa dan perusahaan yang disampaikan secara daring. Avoskin melalui akun Twitter @avoskinbeauty selaku merek skincare lokal memanfaatkan eWOM untuk mendapat calon konsumen potensial dan mendorong keputusan pembelian produk. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh eWOM di media sosial Twitter @avoskinbeauty terhadap keputusan pembelian Avoskin. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Teknik pengambilan sampelnya adalah stratified random sampling dengan jumlah 396 pengikut akun Twitter @avoskinbeauty. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh eWOM terhadap keputusan pembelian, di mana pengaruhnya sebesar 30,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

publish

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Publish: Basic and Applied Research Publication on Communications adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, Jakarta. Publish: Basic and Applied Research Publication on Communications terbit sejak tahun 2022, dua kali dalam setahun, pada bulan Mei dan ...