Salah satu indikator kemahiran bahasa Inggris ialah skor TOEFL. Skor TOEFL siswa SMA, mahasiswa S1 dan S2 Bahasa Inggris, dan guru bahasa Inggris, bahkan sebagian dosen bahasa Inggris rendah. Diduga kondisi ini diduga dipicu: a) keterbatasan kompetensi berbahasa Inggris dan b) kekuranginovatifan ââ¬Ëteknologiââ¬â¢ atau media belajar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan melakukan sosialisasi draf protype Buku Pragmatic-based TOEFL Listening. Kegiatan dilakukan melalui disuksi (FGD) dan penilaian draf buku. Kegiatan pengabdian kemitraan ini menghasilkan: a) Tambahan pemahaman akan komponen-komponen utama Short Conversations dalam Pre-TOEFL Listening; b) Draf prototype TOEFL Listening yng lebih reliable dan sesuai kebutuhan; dan c) Draf artikel yang dipublikasikan dalam jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan ini merupakan transfer teori pragmatic dalam Listening yang akan diterapkan dalam belajar Listening digital. Khalayak sasarannya ialah guru-guru bahasa Inggris SMK dan SMA Kabupaten Lombok Tengah dan beberapa dari Kabupaten lain di Lombok. Kegiatan ini juga melibatkan satu mahasiswa magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unversitas Mataram.
Copyrights © 2020