Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 4 (2020): November

PEMBERDAYAAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH

Tursina Ratu (Unknown)
Adnan Adnan (Unknown)
Riadi Suhendra (Unknown)
Sri Nurul Walidain (Unknown)
Nurhairunnisah Nurhairunnisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Peserta didik merupakan cikal bakal sebagai calon pendidik yang memiliki peranan penting terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Kondisi ini tentunya mengisyaratkan bahwa sebagai calon pendidik masa depan sudah seharusnya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni di bidangnya. Namun pada kenyataannya, hal tersebut belum sejalan dengan keadaan yang ada di lapangan. Berdasarkan analisis awal terhadap peserta didik diperoleh bahwa wawasan peserta didik dalam hal metodologi penelitian masih cukup rendah yang ditunjukkan dengan minimnya pengetahuan mereka dalam hal mengakses data berupa informasi mengenai cara menyusun karya tulis ilmiah sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah serta cara mempublikasikan artikel ilmiah. Oleh sebab itu, pelaksanaan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada peserta didik untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan menyusun karya tulis ilmiah. Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah peserta didik di salah satu Universitas yang ada di Kabupaten Sumbawa yang berjumlah 28 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini berupa penyajian materi (persiapan penulisan naskah artikel, cara penulisan artikel ilmiah, dan publikasi artikel ilmiah), pelatihan, coaching clinic dan evaluasi kegiatan. Luaran kegiatan pengabdian yang dihasilkan adalah mahasiswa selaku calon pendidik memiliki pemahaman dan keterampilan dalam hal penyusunan dan publikasi karya tulis ilmiah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...