JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 5, No 1 (2016): HANDAYANI JOURNAL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA KELAS IX-4 SMP NEGERI 1 PAYUNG T.P. 2015/2016

Linda . (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa. Subjek dalam penelitian berjumlah 26 orang. Data keterampilan mengamati dari 56% menjadi 90%, mengumpulkan data dari 56% menjadi 92%, keterampilan menganalisis dari 55% menjadi 90%, keterampilan menginterpretasi dari 53% menjadi 86%, mengkomunikasikan hasil dari 61% menjadi 90%. Data afektif kejujuran naik dari 58% menjadi 88%, disiplin naik dari 60% menjadi 89%, tanggung jawab naik dari 60% menjadi 90%, ketelitian naik dari 58% menjadi 89%, kerjasama naik dari 59% menjadi 87%. Pada siklus I, 15 siswa mendapat ketuntasan belajar, persentasi kelulusan sebesar  57,6% dengan rata-rata 72,3. Pada siklus II, 23 siswa mendapat tuntas, ketuntasan sebesar 88,4% dengan rata-rata 85,3. Kata Kunci  : Hasil Belajar Psikomotorik, Hasil Belajar Kognitif, Model                            Pembelajaran  Discovery Learning

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...