JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 13, No 2: December 2022

PENGEMBANGAN MEDIA KOSABANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD

Nila Septri Setiawati (Unknown)
Maharani Oktaviani (Unknown)
Kiki Aryaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Minat belajar merupakan dorongan yang muncul dari dalam diri sendiri untuk mempelajari sesuatu dari yang tidak tahu menjadi tahu. Oleh karena itu, kesulitan yang muncul adalah rendahnya minat belajar siswa dalam belajar terkhusus pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah Bagaiman kelayakan media pembelajaran berupa komik untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD. Tujuan penlitian ini mengembangkan media komik untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian dari keseluruhan validasi para ahli mendapatkan presentase nilai 89%  dengan kriteria “sangat layak”, dari uji coba one to one mendapatkan presentase nilai 96% dengan kategori “sangat layak” dan hasil dari uji coba small group mendapatkan presentase nilai 92,6% dengan kategori “peningkatan sangat tinggi” maka dapat disimpulkan media komik layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...