JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 4, No 2 (2015): HANDAYANI JOURNAL

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK BIOLOGI SISWA DI KELAS X MIA-1 SMAN 1 PERCUT SEI TUAN T.A.2014/2015

Riama Sirait (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatan hasil belajar belajar siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA-1 yang berjumlah 39 siswa. 1) Peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa dari siklus I ke siklus II yaitu mengidentifikasi maksud pembicaraan 33% menjadi 70%, menggunakan tata bahasa yang tepat 30% menjadi 74%, berbicara secara jelas dan mudah dimengerti dari 34% menjadi 66%, menggunakan pilihan kosakata yang tepat dari 35% menjadi 73%, intonasi suara sesuai dengan yang disampaikan dari 35% menjadi 75%. 2) Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa, yaitu pada Siklus I rata-rata nilai tes 73 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 69,2% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 81 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 89,6%. 3)Peningkatan hasil belajar afektif pada siklus I ke siklus II adalah kejujuran 35% menjadi 64%, disiplin 33% menjadi 71%, tanggung jawab 32% menjadi 75%, ketelitian 32% menjadi 64%, kerjasama 34% menjadi 69%.Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Hasil Belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...