Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi
Vol 12, No 1 (2013)

PENGARUH METODE BERCElUTA TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI MARAH ANAK DI ])ALAM KELAS

Mulyandasari, Vista ( Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata)
Hernawati, Lucia ( Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik pengaruh metode bercerita terhadap pengendalian emosi marah anak di dalam kelas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh metode bercerita terhadap pengendalian emosi marah anak di dalam kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas satu SD Kristen Lentera Ambarawa. Subyek penelitiannya berjumlah 10 orang yang termasuk kategori sulit melakukan pengendalian emosi marah dan sering melakukan pengungkapan emosi marah dengan perilaku memuku~ mendorong, mencubit atau menendang temannya di kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Desain eksperimen yang digunakan One Group Pretest-Posttest Design. Selanjutnya data dianalisa dengan metode Wilcoxon Signed rank test. Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima dengan nilai Z sebesar - 2,805 dengan p

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

psi

Publisher

Subject

Physics

Description

PSIKODIMENSIA is a scientific study that contains the results of research, thought and dissemination that aims to improve research, reviews and applications in the field of psychology. As a forum, communication media, and scientific development, the editorial received a contribution to the article ...