Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi
Vol 13, No 1 (2014)

PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI KEBUTUHAN HIDUP SEHARI-HARI DITINJAU DARI GAYA HIDUP VALUE MINDED PADA MAHASISWA KOST UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA DI SEMARANG

Niken, Christina Angelina ( Alumnus Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang)
Widianingtanti, Lucia Trisni ( Staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara gaya hidup value mindeddengan pengambilan keputusan membeli barang kebutuhan hidup sehari-hari pada mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata yang tinggal secara kost di Semarang. Hipotesanya adalah ada hubungan antara gaya hidup value minded dengan pengambilan keputusan membeli kebutuhan hidup sehari-hari pada mahasiswa kost. Subyek penelitian adalah mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata jenjang S1 yang tinggal secara kost (harga kost < Rp 500.000,-) di Semarang, berusia 18-22 tahun, belum menikah, dan uang bulanan yang diterima dari orang tua rata-rata ≤ Rp 2.000.000,- per bulan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisa datanya menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson.Subyek penelitian berjumlah 61 orang.Alat ukur menggunakan skala Gaya Hidup Value Minded dan skala Pengambilan Keputusan Membeli Kebutuhan Hidup Sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara gaya hidup value minded dengan pengambilan keputusan membeli kebutuhan hidup sehari-hari (rxy=0,276, p0,05

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

psi

Publisher

Subject

Physics

Description

PSIKODIMENSIA is a scientific study that contains the results of research, thought and dissemination that aims to improve research, reviews and applications in the field of psychology. As a forum, communication media, and scientific development, the editorial received a contribution to the article ...