Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2023): Maret 2023

Kelancaran Memberikan Ide dalam Berpikir Kreatif Melalui Proses Matematisasi Untuk Memecahkan Masalah Matematis

Gita Ayu Nengsih (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Dalam memecahkan masalah sering kali siswa dihadapkan dengan soal yang berkaitan pada masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Proses matematisasi merupakan suatu proses memodelkan masalah secara matematis dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif melalui proses matematisasi dalam pemecahan masalah berdasarkan indikator fluency (kelancaran). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 4 siswa kelas XI MIPA yang telah mendapatkan materi barisan dan deret. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tiga tahap diantaranya: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelompok siswa yang lancar dalam penyelesaian masalah dan pada proses matematisasi horizontal dapat merepresentasikan masalah dengan berbagai cara yang berbeda menggunakan visualisasi dalam bentuk gambar. Terdapat pula kelompok siswa yang lancar dalam penyelesaian masalah namun pada proses matematisasi horizontal tidak dapat merepresentasikan masalah dengan berbagai cara yang berbeda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...