Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 4 (2022): Desember 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Materi Trigonometri Untuk Siswa SMA

Irfan Fauzan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nurul Anriani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ria Sudiana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan,  media pembelajaran dan bahan ajar yang  digunakan dalam proses pembelajaran  terbatas pada buku teks dan LKS. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi media pembelajaran yang fleksibel yang diharapkan dapat mendukung proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran GEMA dan mengevaluasi kelayakan media tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas X yang terdiri dari siswa berprestasi rendah, sedang, dan tinggi serta satu orang guru dari SMAN 1 Bojongmanik. Saran survei ini terdiri dari angket verifikasi ahli materi dan media serta angket jawaban guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data, skor ahli 87,33 dalam kategori sangat layak, ahli media 85,29 dalam kategori sangat layak, respon guru 86,67 dalam kategori sangat praktis, dan 80,32 untuk siswa dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran GEMA yang dikembangkan sangat layak sebagai sumber belajar sesuai dengan persyaratan kurikulum 2013. Dengan aplikasi ini, siswa dapat menggunakan sumber belajar yang fleksibel kapan saja, di mana saja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...