Programme for International Student Assessment (PISA) adalah assessment berskala internasional dengan penyelenggara Organization for Economic Co-operation and Development dengan tujuan untuk mengukur kemampuan literasi siswa, salah satunya di bidang matematika. Hasil PISA tahun 2018 bidang literasi matematika mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Banyak fakor kemungkinan yang menyebabkan itu terjadi, salah satunya adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat untuk siswa. Strategi pembelajaran adalah bagian terpenting dalam pembelajaran karena menyangkut bagian teknis langsung selama pembelajaran, salah satunya penggunaan model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran. Model Double Loop Problem Solving merupakan kreatifitas model dari pengembangan Problem Solving dengan tujuan untuk membuat gerak aktif siswa lebih bertambah lagi dengan pendekatan berbasis masalah agar dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Pendekatan berbasis masalah dimaksudkan untuk mencari penyebab utama timbulnya masalah yang dilakukan oleh siswa, dimana hal ini sejalan dengan konsep literasi matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur yang didapatkan secara online berupa skripsi, tesis, jurnal nasional dan jurnal internasional yang dipublikasikan dalam jangka waktu 5 tahun terakhir ini. Didukung oleh penelitian terdahulu, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa integrasi Double Loop Problem Solving ke dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
Copyrights © 2021