Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2021): Maret 2021

Eksplorasi Etnomatematika Batik Krakatoa Cilegon sebagai Sumber Belajar Matematika SMP

Anisa Amalia (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ihsanudin Ihsanudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Budaya yang berkembang dimasyarakat tanpa disadari mengandung konsep matematika di dalamnya. Konsep matematika yang terkandung di dalam budaya ini disebut etnomatematika. Etnomatematika merupakan jembatan antara budaya, matematika, dan Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik etnomatematika pada pembuatan batik Krakatoa Cilegon dan pengintegrasian batik Krakatoa Cilegon sebagai sumber belajar matematika SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrument dalam penelitian ini merupakan peneliti itu sendiri dan tidak dapat digantikan dengan orang lain. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa aktivitas dasar matematika yang dilakukan saat pembuatan batik dan konsep-konsep matematika yang terkandung pada motif batik Gunung Krakatau seperti translasi, refleksi, dan rotasi. Motif batik yang mengandung konsep matematika diintegrasikan ke dalam permasalahan materi matematika SMP sehingga dapat menjadi sumber belajar yang baru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...