Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pencapaian akhir kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model discovery learning,(2) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model discovery learning,(3) mengetahui pencapaian akhir kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model discovery learning, (4) mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model discovery learning. Metode penelitian kuasi eksperimen Non equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Serang. Sampel menggunakan teknik purposive sampling, dikelas VIII G (kelas eksperimen) dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan kelas VIII F (kelas kontrol) dengan model pembelajaran discovery learning. Instrumen penelitian yaitu instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan non tes skala kemandirian belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020