Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 4 (2022): Desember 2022

Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Konteks Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Oktaviani Puspita Wardani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ihsanudin Ihsanudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang kurang mendukung kemampuan komunikasi matematis siswa dan kurang menanamkan unsur budaya lokal. Hal ini menyebabkan kemampuan komunikasi matematis siswa rendah dan kurang mengenal budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif dengan konteks budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini yaitu 24 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cikande dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest dengan indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif dengan konteks budaya lokal. Adapun peningkatan yang dialami siswa berada pada kriteria sedang dengan perolehan N-Gain score sebesar 0,59. Tafsiran efektivitas yang didapatkan yaitu cukup efektif dengan persentase 58,67%. Sehingga media pembelajaran interaktif dengan konteks budaya lokal efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...