Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang kurang mendukung kemampuan komunikasi matematis siswa dan kurang menanamkan unsur budaya lokal. Hal ini menyebabkan kemampuan komunikasi matematis siswa rendah dan kurang mengenal budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif dengan konteks budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini yaitu 24 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cikande dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest dengan indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif dengan konteks budaya lokal. Adapun peningkatan yang dialami siswa berada pada kriteria sedang dengan perolehan N-Gain score sebesar 0,59. Tafsiran efektivitas yang didapatkan yaitu cukup efektif dengan persentase 58,67%. Sehingga media pembelajaran interaktif dengan konteks budaya lokal efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Copyrights © 2022