Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2022): Juni 2022

Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Siti Maesaroh (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ihsanudin M. Si. (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Etika Khaerunnisa, M. Pd. (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs semester genap. Model penelitian ini merupakan model ADDIE yang mengacu pada 5 langkah pengembangan meliputi: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian produk bahan ajar berupa flipbook maker berbantuan ispring suite 8 yang disesuaikan dengan indicator kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP/MTs. Hasil uji kevalidan bahan ajar ini diperoleh berdasarkan data dari angket penilaian para ahli, yaitu ahli materi 90%, ahli media 93%, ahli lembar tes pemahaman konsep 87% dan ahli lembar angket respon siswa 84% dengan semua penilaian para ahli mencapai kategori sangat valid. Sedangkan keefektifan bahan ajar diperoleh dari data angket respon siswa dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil dari angket respon siswa yaitu 88,3% dengan kategori sangat positif sedangkan nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu maka ditolak. Artinya, penyataan bahwa selisih rata-rata antara sebelum dan sesudah diterapkan bahan ajar flipbook maker berbeda. Atau dapat dikatakan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan bahan ajar flipbook sehingga mencapai kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan bahan ajar pada pembelajaran matematika berupa flipbook maker untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar layak digunakan dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci: Bahan Ajar, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...