Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh birokrasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada kantor kecamatan Bengkong kota Batam. Ruang lingkup variabel dalam penelitian ini meliputi birokrasi dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang berasal dari sumber primer yang telah dikumpulkan dari kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di kantor kecamatan Bengkong. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah metode accidental dimana secara kebetulan orang-orang yang berada di kantor kecamatan menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah pengujian instrumen yang dilakukan dengan uji validitas dan reliabiltas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel birokrasi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020