Perancangan ini bertujuan merancang sebuah e-catalogue fotografi sebagai media untuk membantu masyarakat memahami bentuk dan kegunaan dari pakaian pengantin adat Koto Gadang, mempermudah komunikasi antara vendor pernikahan dengan calon target audience, dan memperluas penyebaran, serta sebagai arsip digital warisan kebudayaan adat Koto Gadang. Proses perancangan menggunakan metode perancancangan design thinking. Langkah atau langkah perancangan yang digunakan antara lain empathize(berempati), define(mendefinisikan), ideate(ide), prototype (prototip), dan test (pengujian). Metode analisis data yang digunakan yaitu 5W1H (what, who, why, where, when, how). Luaran yang diharapkan dari proses perancangan ini yaitu media digital berupa karya e-catalogue fotografi Pakaian Pengantin Adat Koto Gadang dan sebuah artikel/jurnal ilmiah yang diterbitkan pada jurnal Desain Komunikasi Visual, FBS, Universitas Negeri Padang.
Copyrights © 2023