Jurnal MIPA dan Pembelajarannya
Vol. 1 No. 3 (2021)

Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual pada materi zat aditif dan zat adiktif serta akibatnya terhadap kesehatan

Anisyah Fadhillah (Unknown)
Sugiyanto Sugiyanto (Unknown)
Muhammad Fajar Marsuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian Pengembangan ini memiliki tujuan untuk instrumen asesmen pemahaman konseptual dapat memonitori jawaban tebakkan siswa. instrumen asesmen pemahaman konseptual pada materi zat aditif dan zat adiktif serta akibatnya terhadap kesehatan yang terdapat di sekolah berdasarkan analisis produk masih pada bentuk soal pilihan ganda karena termasuk tes objektif oleh sebab itu tes objektif  mempunyai beberapa kelemahan seperti siswa yang memiliki kemampuan bernalar tidak dapat dilihat, akan mendapat keuntungan siswa yang menduga jawaban sehingga siswa oleh jawaban tebakkan tersebut tidak dapat memantau pemahaman secara utuh. Oleh sebab itu, dibutuhkan butir soal pada aspek yang diukur adalah sama tetapi jenis susunannya beda, di mana jenis bentuk soal ini dapat memantau jawaban tebakkan dari siswa. Penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan kepada sepuluh orang siswa dan kepada tiga orang guru. Menggunakan metode kajian literatur dan penyebaran angket yang bertuju pada siswa dan guru dalam instrumen penilaian pemahaman konseptual pada materi zat aditif dan adiktif serta akibatnya terhadap kesehatan. Berdasarkan kajian literatur dilakukan penelitian pengembangan,  maka diperoleh solusi yang  ideal dalam  pemecahan  masalah dengan pengendalian jenis butir soal berdasarkan aspek yang diukur sama tetapi jenis susunannya berbeda, yaitu dengan jenis  soal  selected  respons item dan  constructed  respon  item.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Energy Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP) is a publication that focuses on education, particularly in the areas of mathematics and natural sciences. The journal publishes articles, research papers, and other relevant manuscripts related to the teaching and learning of these subjects. It provides a ...