Pembelajaran IPA menuntut siswa harus memahami konsep serta keterkaitannya untuk  menyelesaikan masalah. Siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep, untuk itu dibutuhkan desain pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan efektifitas pembelajaran dengan pemodelan terhadap pemahaman konsep siswa pada topik getaran. Penelitian ini menggunakan  mixed method  jenis embedded  experiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C MTs YTP Kertosono tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui kekuatan peningkatan skor pretest ke posttest diukur dengan d-effect size dan N-gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pemodelan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada topik getaran dengan d-effect size 1,582 termasuk dalam kategori sangat tinggi efektifitasnya, dan N-gain 0,508 termasuk dalam kategori medium atas peningkatan pretest ke posttest. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan pemodelan ini sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada topik getaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021