Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar menjadi salah satu pelabuhan bongkar muat barang dan angkutan orang terbesar di Indonesia. Palabuhan ini dikelola oleh PT.Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV). Masalah pada pelabuhan Soekarno Hatta Makassar yang lama telah penuh, bahkan sebagian area dari terminal penumpang telah diisi oleh peti kemas. Sehingga terminal penumpang di pelabuhan Soekarno Hatta Makassar menjadi kurang memadai lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh fasilitas utama pelabuhan, perilaku petugas serta informasi dan komunikasi terhadap pengguna jasa Pelabuhan Soekarno – Hatta Makassar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dari hasil pengisian kuisioner oleh pengguna pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki nilai koefisien tertinggi adalah ketanggapan petugas dengan nilai 98,7 dan variabel yang memiliki koefisien terendah adalah jaminan keamanan dengan nilai 87,2.
Copyrights © 2022