Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Vol. 19 No. 1 (2023): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BERKELANJUTAN BERBASIS KOMUNITAS DENGAN MENGGUNAKAN TRIPLE LAYER BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS : KOMUNITAS MAGOTSUKA

Alghif Rukman (Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia)
Yayu Ulfah Marliani (Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia)
Luthfia Hastiani Muharram (Bioteknologi, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia)
Arif Yunan (Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Pengelolaan sampah organik masih menjadi masalah di Indonesia. Rendahnya pengelolaan sampah organik menyebabkan berbagai eksternalitas negatif. Komunitas Magotsuka adalah komunitas yang melakukan pendekatan berbasis komunitas untuk mendorong masyarakat di Desa Padasuka, Cimahi, untuk mengelola sampah organik rumah tangganya. Kami bertujuan untuk menggali persepsi warga terhadap keberadaan Komunitas Magotsuka dan merumuskan model bisnis Komunitas Magotsuka. Kami melakukan studi kasus di Komunitas Magotsuka antara Agustus dan Oktober 2022. Kami menggunakan matriks IE dan Triple-Layer Business Model Canvas (TLBMC) untuk pengembangan model bisnis. Kami mengidentifikasi sepuluh faktor strategis internal dengan nilai IFE 2,67 dan sepuluh strategi eksternal dengan nilai EFE 2,96. Menurut matriks IF, kemampuan masyarakat dalam merespon lingkungan internal dan eksternal berada pada level sedang. Hasil yang diperoleh dari model TLBMC dapat membantu dapat membantu pengelola komunitas melihat secara vertikal antar lapisan model bisnis pada aspek ekonomi, lingkungan dan sosial untuk menerapkan bisnis yang berkelanjutan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Topics covered include: Government policy on entrepreneurship Entrepreneurship in ethnic enclaves Self-employment among immigrants Entrepreneurship among minority groups Indigenous entrepreneurship Gender and entrepreneurship Entrepreneurship in developing and transitional countries Entrepreneurship ...