Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2023

ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA BUKU SISWA TEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR

Siti Cyndiani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas NahdlatulUlama Kalbar)
Siti Nur Asmah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas NahdlatulUlama Kalbar)
Muhammad Aqmal Nurcahyo (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas NahdlatulUlama Kalbar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Muatan Model Project Based Learning (PJBL) Pada Buku Teks Siswa Tema 1 Pada Kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pembelajaran pada subtema 1 (organ gerak hewan) diperoleh hasil sebesar 61% yang berkategori “cukup”. Selanjutnya nilai rata-rata pembelajaran padasubtema 2 (manusia dan lingkungan) diperoleh hasil rata rata sebesar 39% yang berkategori “kurang sekali”. Dan terakhir nilai rata-rata pembelajaran pada subtema 3 (lingkungan dan manfaat) diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 72% yang berkategori “cukup”

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...