Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI TAHAPAN KRULIK DAN RUDNICK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA MTsS AL-MANAR

Intan Fadilla (Universitas Syiah Kuala)
Usman Usman (Universitas Syiah Kuala)
Anwar Anwar (anwarramli@usk.ac.id)



Article Info

Publish Date
07 May 2023

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan penting pembelajaran matematika, namun tampilan kemampuan pemecahan masalah matematis antar siswa berbeda. Salah satu factor pengaruhnya adalah karakteritsik gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis eksplorasi. Subjek penelitian ini adalah 7 orang siswa yang dipilih dari 24 orang siswa kelas IX E di MTsS Al-Manar berdasarkan skor angket gaya belajar, yaitu 2 subjek bergaya belajar visual, 2 subjek bergaya belajar verbal, 1 subjek yang bergaya belajar auditori, serta 2 subjek bergaya belajar kinestetik. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi waktu. Hasil analisis menunjukkan subjek gaya belajar visual dan verbal mampu menampilkan semua tahapan pemecahan masalah read and think, explore and plan. Sedangkan subjek gaya belajar auditori mampu menampilkan sebagian tahap Krulik dan Rudnick, yaitu read and think. Subjek gaya belajar kinestetik tidak mampu menampilkan semua tahapan pemecahan masalah matematis, yang mencakup read and think, explore and plan, select a strategy, find an answer, dan reflect and extend. Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada guru dapat memberi bantuan secara maksimal baik berupa metode ataupun media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa, agar mendapatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...