Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penggunaaan CAD melalui program Richpeace Digital Grading System dalam pembelajaran busana industri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik    pengumpulan    data   berupa   teknik    observasi, angket, wawancara   serta dokumentasi.  Analisis kuantitatif digunakan untuk mengolah data dan mengetahui sejauh mana efektifitas pembelajaran busana industri menggunakan CAD melalui program Richpeace Digital Grading System. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran busana industri berada pada 6 siswa dengan kategori baik dengan persentase 37,5%, dan 10 siswa dengan kategori sangat baik dengan persentase 62,5% sehingga dapat dikategorikan sangat efektif. Sedangkan respon peserta terhadap pembelajaran busana industri menggunakan CAD 4 siswa pada kategori tinggi dengan persentase 25% dan 12 siswa dengan kategori sangat tinggi dengan persentase 75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa siswa memberikan pendapat yang positif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023