Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2022): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika

Penerapan Alat Peraga Tangan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Trigonometri di SMAN 5 Lhokseumawe

Tuti Alawiyah (SMAN 5 Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2022

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukan masih banyaknya siswa yang masih memperoleh nilai dibawah kkm. Oleh karena itu maka penerapan alat peraga tangan menjadi salah satu alternatif yang diupayakan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi trigonometri d kelas X IPA 3 SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan Penerapan Alat Peraga Tangan Pada Materi Trigonometri Di kelas X IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 5 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2019/2020 dan untuk Mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan Penerapan Alat Peraga Tangan untuk meningkatkan Minat belajar siswa Pada Materi Trigonometri Di kelas X IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 5 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan rancangan penelitian model Hopkins yang diawali dengan tindakan pendahuluan kemudian dilanjutkan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil evaluasi pada siklus I masih belum tuntas, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Refleksi siklus I dilakukan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan pada siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 5 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2019/2020, dengan jumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angketIndonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arriyadhiyyat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The ...