Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2023): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika

Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XII TKJ Di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi

Suci Febrianti (Suci)
Aniswita (Pendidikan Matematika Uin Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Rio Fernandes (Pendidikan Matematika STKIP Ahlussunnah Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

ABSTRAK : Minat belajar siswa merupakan  kemauan ataupun keinginan dalam diri siswa untuk mempelajari sesuatu. Pada saat siswa mempunyai minat belajar matematika yang tinggi  mereka akan belajar dengan sebaik mungkin di sekolah maupun di rumah, sebaliknya jika siswa kurang mempunyai minat belajar yang tinggi dalam  pembelajaran matematika mereka tidak semangat dalam belajar matematika, ini berimplikasi terhadap rendahnya hasil belajar matematika. Penulis mendeskripsikan  minat belajar  matematika pada siswa kelas XII TKJ di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Subjeknya terdiri dari siswa kelas XII TKJ di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi yang berjumlah 19 orang dan guru matematika kelas XII TKJ di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawacara dan angket. Data angket minat belajar matematika pada siswa kelas XII TKJ di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi secara keseluruhan  memperoleh persentase sebesar 90% yang diklasifikasikan sangat tinggi. Siswa senang dalam belajar matematika, terlibat aktif ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, merasa tertarik mempelajari matematika dan memfokuskan diri ketika pembelajaran matematika berlangsung.Pada indikator pertama yaitu rasa senang siswa dalam belajar matematika memperoleh persentase sebesar 89% yang diklasifikasikan sangat tinggi, pada indikator kedua yaitu perhatian siswa ketika mengikuti pembelajaran matematika memperoleh persentase sebesar 90% yang diklasifikasikan sangat tinggi, pada indikator ketiga yaitu ketertarikan siswa ketika pembelajaran matematika memperoleh persentase sebesar 92% yang diklasifikasikan sangat tinggi, dan pada indikator keempat yaitu keterlibatan siswa ketika pembelajaran matematika memperoleh persentase sebesar 90% yang diklasifikasikan sangat tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arriyadhiyyat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The ...