Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 1 (2021): Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika

Self-Efficacy Mahasiswa dalam Pembuktian Matematis

Herizal (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Pembuktian matematis merupakan kemampuan yang sangat penting bagi mahasiswa pendidikan matematika. Agar sukses dalam pembuktian matematis, diperlukan suatu keyakinan terhadap kemampuan dirinya sendiri. Keyakinan akan kemampuan diri untuk dapat mencapai suatu hal dinamakan self-efficacy. Karena pentingnya self-efficacy, sebuah penelitian telah dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana self-efficacy mahasiswa dalam pembuktian matematis. Kuesioner yang berisi 24 pernyataan diberikan kepada 44 mahasiswa salah satu universitas di Aceh Utara yang telah belajar topik metode pembuktian matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40,1% mahasiswa memiliki self-efficacy tinggi, 59,9% mahasiswa dengan self-efficacy sedang dan tidak ada yang memiliki self-efficacy rendah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kebanyakan mahasiswa memiliki self-efficacy sedang. Namun, tidak sedikit juga tingkat self-efficacy mahasiswa sudah berada pada level tinggi yang artinya mereka memiliki kepercayaan yang baik akan kemampuan dirinya untuk sukses dalam pembuktian matematis. Hal tersebut menjadi modal penting dalam usaha untuk terus meningkatkan kemampuan pembuktian matematis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arriyadhiyyat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journal aims to facilitate and promote dissemination of scholarly information on research and development in Mathematics and Mathematics Education. The articles published in this journal can result from research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews. The ...