JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 4 No 1 (2019): APRIL

STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR RADIO SLA FM 105.6 MHZ TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR

Dinda Helsa Novia (Universitas Darma Agung)
Besti Rohana Simbolon (Universitas Darma Agung)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi penyiar dalam meningkatkan minat pendengar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan pengumpulan dokumen. Lalu data tersebut diklarifikasikan kedalam kategori-kategori tertentu.Objek penelitian menggunakan informan, yaitu key informan, informan biasa dan informan tambahan yaitu 10 orang informan. Empat orang penyiar sebagai Key infroman, dua orang staff sebagai informan biasa, dan empat orang pendengar sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyiar menggunakan berbagai strategi komunikasi dalam meningkatkan minat pendengar, yaitu strategi kesesuaian, strategimenggunakan bahasa Persuasif, strategi dayapenarik pendengar, dan strategi pembentuk kebiasaan. Pendengar berminat dan menikmati siaran informasi dan hiburan yang disajikan oleh radio SLA Fm karena penyiar selalu memberikan yang terbaru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

socialopinion

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Online ISSN 2720-9822 Print ISSN 2088-835X Social Opinion Journal is a collection of research articles in the field of communication science. This journal is intended to develop and disseminate knowledge and information regarding the scientific field of communication. This journal is published ...