MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI
Vol 11 No 1 (2022): FEBRUARI

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN. 26 MEDAN

Marbun, Dwi Wira (Unknown)
Dalimunthe, Syukur Kholil (Unknown)
Jaya, Aswan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Covid-19 telah berdampak besar pada sistem pendidikan di Indonesia yang mengakibatkan perubahan pada proses pembelajaran yang awalnya secara tatap muka berubah dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Jika pandemi terus meningkat, maka akan dipastikan dampak pada sektor pendidikan juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam proses belajar mengajar di masa Pandemik Covid-19 di SMPN.26 Medan dan mengetahui hambatan dalam penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui cara observasi dan wawancara dengan informan, serta menggunakan studi kepustakaan atau dokumen yang mendukung penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran secara daring selama masa pandemi covid-19 yang dilakukan oleh guru dan siswa masih kurang efektif walaupun usaha yang dilakukan sekolah melalui pengajaran yang dilakukan guru sudah diupayakan optimal, namun keterbatasan sarana prasarana yang kurang mendukung, kurangnya kontrol dari sekolah berikut orang tua siswa, mengakibatkan siswa banyak yang tidak dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

messageilmukomunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

p-ISSN 2301-735X e-ISSN 2746-0215 Journal of Message: Journal of Communication Science is published by LPPM of Darma Agung University. It contains of scientific articles on research results in the study of communication science. This journal is intended to develop the novel knowledge and information ...