cover
Contact Name
Humiras Betty Marlina Sihombing
Contact Email
lembagappmuda@gmail.com
Phone
+6281210664424
Journal Mail Official
lembagappmuda@gmail.com
Editorial Address
Jl. DR. TD Pardede No.21, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI
ISSN : 2301735X     EISSN : 27460215     DOI : 10.46930
Core Subject : Education, Social,
p-ISSN 2301-735X e-ISSN 2746-0215 Journal of Message: Journal of Communication Science is published by LPPM of Darma Agung University. It contains of scientific articles on research results in the study of communication science. This journal is intended to develop the novel knowledge and information in the field of communication science as well as a means for lecturers to fulfill one of the obligations of the Tri Dharma Perguruan Tinggi. The Message Journal is published regularly by the Postgraduate Magister of Communication Science, Darma Agung University every six months. To further improve the quality of the results of research publications, we invite all academics, researchers and practitioners to publish their research through the Message Journal.
Articles 14 Documents
PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MENGEFETIFKAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI SD METHODIST 9 MEDAN Siburian, Sylvia Irene; Silviani, Irene
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 11 No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/messageilmukomunikasi.v11i1.1513

Abstract

Komunikasi antarpribadi mempunyai kaitan yang sangat erat dengan proses belajar mengajar terutama dalam masa pandemi COVID 19 saat sekarang. Pemberlakuan pembelajaran daring membutuhkan kesiapan guru dan siswa dalam penyediaan dan penguasaan teknologi internet yang berpengaruh besar terhadap mengefektifkan kemampuan dan pemahaman penggunaan media sosial yang berfungsi sebagai media pembelajaran terutama untuk guru dan siswa sekolah dasar khususnya kelas VI SD. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif karena mampu menciptakan suatu pemahaman yang mendalam terhadap objek yang diteliti dan ingin mengetahui kaitan komunikasi antarpribadi dengan penggunaan media sosial dalam mengefektifkan pembelajaran daring di kalangan siswa kelas VI SD Methodist 9 Medan, dengan alasan semakin kurang optimalnya keefektifan siswa dalam proses pembelajaran, kurang optimalnya penjelasan guru terhadap materi pelajaran. Di sisi lain peneliti melihat keikutsertaan siswa secara aktif dalam pembelajaran daring ini semakin menurun. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan proses pembelajaran daring dapat tercapai jika aspek-aspek komunikasi yang efektif dalam pembelajaran daring sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi komunikasi dan interaksi yang terjadi sangat menentukan keefektifan dan mutu pendidikan. Komunikasi antarpribadi yang terjalin antara guru dengan siswa dan orang tua diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah yang timbul selama pembelajaran daring.
STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWISATA DI SUMATERA UTARA Elisabeth Sitepu; Sabrin Sabrin
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 9 No 1 (2020): AGUSTUS
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This aims at determining the tourism communication strategies in increasing tourism interest in North Sumatra s as well as things that became supporters and inhibitors in the implementation of marketing. This study uses descriptive methods qualitative that aim to describe the situation or phenomenon. The informants consisted of visitors to the study site, and the local regent/mayor, travel agent, local residents. The data used in this study is a combination of primary data and secondary data. Data collection techniques with observation, interviews and documentation. Data analysis, namely data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study show that the parties involved in developing l tourist attraction have carried out a pariwisata communication strategy but are not yet optimal. , pariwisata communication is carried out through advertising, public relations, Direct Marketing and personal selling. The marketing communication strategy focuses on: image, natural attraction, community support and advances in information technology. The marketing communication strategy that highlights the is the natural attraction to win competition with other tourist objects.
KAITAN ANTARA PEMBANGUNAN DAN KOMUNIKASI KRISIS DALAM ERA NEW NORMAL Susanna Hutapea; Irene Silviani
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 9 No 1 (2020): AGUSTUS
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims at finding the relationship between the development and communication of the crisis in the new normal era. This research was conducted by taking information from various sources and then a summary of these sources is put together as reading material.There are many diverse responses from netizens regarding the implementation of new normal in Indonesia today. Based on World Health Organization (WHO) guidelines, everyone inevitably has to adapt to new habits so that during the Covid-19 pandemic. New normal refers to new habits that are felt uncomfortable, but must be made comfortable for the sake of survival. Like studying online at home, working from home, and refraining from leaving the house as long as the Covid-19 outbreak has not subsided. But the definition of new normal in question does not seem to be fully understood by the people of Indonesia. The majority of people understand that new normal is a suggestion to return to activities as usual, the same as before the Covid-19 pandemic occurred. In the Covid-19 crisis, the government needs to conduct effective crisis communication by conveying transparent information related to the handling of Covid-19. Failures in communication can worsen the situation and make it difficult for governments to deal with crises. Not infrequently new problems will emerge, namely the communication crisis. So, ethics in crisis communication is an important part that should not be ignored.
KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PEMILIHAN MAJELIS PADA JEMAAT GEREJA METHODIST INDONESIA (GMI) PADANG HALABAN LABUHAN BATU Sigiro, Aripin; Sitepu, Elisabeth; Tinambunan, Sabrin
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 11 No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/messageilmukomunikasi.v11i1.1514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : implementasi komunikasi organisasi dalam pemilihan jemaah di Gereja Methodist Indonesia Padang Halaban Labuhan Batu Utara; pedoman jemaah dalam pemilihan Majelis Jemmat di Gereja Methodist Indonesia Padang Halaban Labuhan Batu Utara; konflik yang sering muncul dalam pemilihan Majelis Gereja Methodist Indonesia Padang Halaban Labuhan Batu Utara. Ini adalah Penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan informan, serta menggunakan studi kepustakaan atau dokumen-dokumen yang mendukung penelitian. Pengolahan data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan Komunikasi Organisasi dalam Pemilihan Majelis Jemaat di GMI Padang Halaban telah menggunakan jalur komunikasi yang ada, namun tetap terjadi konflik, diharapkan ada reformasi dalam pemilihan Jemaat Musyawarah, agar setiap jemaah memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota jemaah. baik yang berasal dari golongan, suku, maupun sektor dan berasal dari berbagai generasi.
KOMUNIKASI WIDYAISWARA DAN GURU DALAM MENGEVALUASI DIKLAT PENINGKATAN KOPETENSI PEMBELAJARAN PADA PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Floren Kembaren; Elisabeth Sitepu
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 9 No 1 (2020): AGUSTUS
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The phenomenon faced by teachers is that most teachers today do not understand the curriculum well, so there are clear obstacles in the implementation of the learning process in the classroom. The teacher's understanding in the field can be identified from the training activities material including the Concept and Deepening of HOTS-Oriented Learning Materials, and HOTS-Oriented Learning Development, most teachers have difficulty connecting Core Competencies, Basic Competencies and Indicators to be achieved. The research objectives are: To find out how Widyaiswara and Teacher's Communication about Education and Training Competency Improvement Training in the Center for Development and Empowerment of Educators and Education Personnel in the Field of Building and Electricity in Medan. To analyze how to evaluate the Training of Learning Competency Improvement at the Center for Development and Empowerment of Educators and Education Personnel in the Field of Building and Electricity in Medan. To find out how Widyaiswara and Teacher Communication efforts are in Evaluating Education and Training Competency Improvement Training at the Center for Development and Empowerment of Educators and Education Personnel in the Field of Building and Electricity in MedanIn terms of communication carried out by widyaiswara both with group communication with the teachers, a widyaiswara as a communicator in the implementation of training delivered by widyaiswara to the training participants had good communication. In the evaluation conducted by P4TK Medan through widyaiswara, it has been going well, it is proven that the participants of PKP training are able to achieve good grades and have certificates. Communication Efforts of Widyaiswara and Teachers in Evaluating the Training of Improvement of Learning Competencies at the Center for Development and Empowerment of Educators and Education Personnel in the Field of Building and Electricity in Medan are zoning systems and socialization of learning houses.
PERANAN KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA TERHADAP HUBUNGAN YANG HARMONIS DI JEMAAT GEREJA BETHEL INDONESIA (GBI) KUALANAMU KABUPATEN DELI SERDANG Butar Butar, Dewi Sartika; Silviani, Irene
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 11 No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/messageilmukomunikasi.v11i1.1508

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan peran komunikasi antarbudaya yang dilakukan oleh jemaat-jemaat GBI Kualanamu dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda terhadap keharmonisan.(2) Mendeskripsikan peran komunikasi antarpribadi jemaat-jemaat GBI Kualanamu yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda. (3) Menjelaskan mengenai faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan komunikasi antar budaya yang dilakukan oleh jemaat-jemaat GBI Kualanamu dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di GBI Kualanamu, Tanjung Morawa. Adapun informan penelitian ditentukan berdasarkan dengan mempertimbangkan beberapa kriteria yang dibutuhkan dalam penelitian. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi antarbudaya dan komunikasi antarpribadi. Data primer diperoleh melalui observasi secara langsung dan wawancara mendalam dengan para informan. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui pengumpulan data melalui dokumen berupa internet, foto dan hal- hal yang berhubungan dengan topik penelitian. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis. Hasil Penelitian ini menunjukkan tentang perbedaan latar belakang budaya jemaat GBI Kualanamu tidak terlepas dari kesulitan dalam berkomunikasi. Perbedaan persepsi terhadap budaya lain dapat mengakibatkan tidak lancarnya proses komunikasi. Perbedaan persepsi ini, selain sering menyebabkan komunikasi tidak lancar, timbul perasaan tidak nyaman dan kesalahpahaman. Namun seiring berjalannya waktu, karena peran pemimpin gereja sehingga komunikasi antarbudaya bisa berjalan dengan baik dan pemahaman akan firman Tuhan Takut akan Tuhan adalah dasar penting dalam menjalin dan menjaga keharmonisan dalam lingkungan gereja. Jemaat adalah satu kesatuan dalam Kristus, tidak peduli apapun suku, bangsa dan rasnya ( 1 korintus 12:12-27).
PERAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI BAURAN PEMASARAN Darus, Prabudi; Silviani, Irene
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 11 No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/messageilmukomunikasi.v11i1.1515

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi komunikasi dalam peningkatan penjualan ditinjau dari Bauran Pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dan merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyandarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik. Komunikasi pemasaran mempresentasikan “suara” perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Bauran promosi meliputi inisiatif dan koordinasi dari kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan produk yang diiklankan dan promosinya. Dalam mengembangkan bahan-bahan periklanan, sangatlah berguna jika para manajer merancang berbagai ide, citra dan perasaan yang mereka inginkan dari para orang-orang kreatif agar dapat menggugah konsumen. Salah satu pendekatan untuk mengembangkan tema iklan adalah menganalisis karakteristik motivasi dan psikografi dari pasar target. Bauran promosi merupakan kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat-alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan (Basu, 1990). Variabel-variabel yang terdapat dalam bauran promosi adalah periklanan, personal selling, publisitas, promosi penjualan, direct mail.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BERKUNJUNG DI MUSEUM NEGERI PROVINSI SUMATERA UTARA Hulman Sinurat; Irene Silvia; Sabrin Sabrin
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 9 No 1 (2020): AGUSTUS
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims at finding the marketing communication strategy at the State Museum of North Sumatra Province, interest in visiting the North Sumatra Province State Museum, the barriers to marketing communication strategies in increasing interest in visiting the North Sumatra Province Museum. The research method is a descriptive study with a qualitative approach. The phenomenon that occurs in the Museum of the Province of North Sumatra is the lack of budget disbursed by the Government of North Sumatra Province in which the total budget is seniliai 1.5 billion and these funds are purely funds originating from the APBD and the funds are not entirely intended for marketing the museum but overall museum needs. The lack of facilities makes the museum think about how to increase the interest of visitors in every day, besides, the low variety of cultural activities in which the museum is the sole manager, cultural activities are a staple product for every visitor.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN. 26 MEDAN Marbun, Dwi Wira; Dalimunthe, Syukur Kholil; Jaya, Aswan
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 11 No 1 (2022): FEBRUARI
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/messageilmukomunikasi.v11i1.1510

Abstract

Covid-19 telah berdampak besar pada sistem pendidikan di Indonesia yang mengakibatkan perubahan pada proses pembelajaran yang awalnya secara tatap muka berubah dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Jika pandemi terus meningkat, maka akan dipastikan dampak pada sektor pendidikan juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam proses belajar mengajar di masa Pandemik Covid-19 di SMPN.26 Medan dan mengetahui hambatan dalam penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui cara observasi dan wawancara dengan informan, serta menggunakan studi kepustakaan atau dokumen yang mendukung penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran secara daring selama masa pandemi covid-19 yang dilakukan oleh guru dan siswa masih kurang efektif walaupun usaha yang dilakukan sekolah melalui pengajaran yang dilakukan guru sudah diupayakan optimal, namun keterbatasan sarana prasarana yang kurang mendukung, kurangnya kontrol dari sekolah berikut orang tua siswa, mengakibatkan siswa banyak yang tidak dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan efektif.
PERAN KOMUNIKASI OPINION LEADER DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS CALON KEPALA DAERAH DI SUMATERA UTARA Aswan Jaya; Irene Silviani
MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI Vol 9 No 1 (2020): AGUSTUS
Publisher : Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The elections have been held several times, but the problem of public welfare has not yet been reached, whether caused by underprivileged candidates or the wrong voters. This research focuses on the role of opinion leaders in the elections with the aim of analyzing the way opinion leaders conduct information selection and analyze the role of opinion leader communication in increasing the electability of prospective regional head candidates in North Sumatra. Methods used in this study is qualitative approach through in-depth interviews. From the results of the study, it was found that religion; ethnicity and getting to know the candidate pairs became a factor of opinion leaders in determining the choice of candidate pairs brought to the midst of the community. To influence public opinion opinion leaders tend to use interpersonal communication patterns and small group communication, especially to voters who are in their own environment such as an organization and / or area of ​​residence / environment

Page 1 of 2 | Total Record : 14