PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 5 No 1 (2021): Pebruari, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD

Ni Putu Sri Handayani (Unknown)
Ni Ketut Suarni (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Putu Arnyana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD, (2) validitas isi instrumen literasi sains pada siswa kelas V SD, (3) reliabilitas menurut expert instrumen kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD, (4) reliabilitas menurut expert instrumen literasi sains pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D Model). Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert judgement oleh ahli dan praktisi dan dianalisis menggunakan CVR dan CVI. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan alpha Cronbach untuk instrumen kemampuan berpikir kritis dan KR-20 untuk instrumen literasi sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritis menunjukan perhitungan CVR didapatkan 10 butir instrumen yang valid dan CVI sebesar 0.88, (2) ) hasil validitas isi instrumen literasi sains menunjukan perhitungan CVR didapatkan 30 butir instrumen yang valid dan CVI sebesar 0.94, (3) hasil reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kritis memiliki nilai sebesar 0,78 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik), (4) hasil reliabilitas instrumen literasi sains memiliki nilai sebesar 0,77 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...