PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 6 No 2 (2022): Agustus, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF-EFFICACY DAN KECERDASAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SD

I.D.A.I. Swari (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.W. Lasmawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.B. Putrayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui validitas instrumen self-efficacy dan kecerdasan sosial, (2) mengetahui reliabilitas instrumen self-efficacy dan kecerdasan sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahapan pengembangan yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subjek penelitian adalah 2 orang dosen ahli dan 3 orang guru kelas IV SD. Analisis yang digunakan adalah analisis validitas isi dengan formula Content Validity Ratio (CVR), analisis validitas butir dengan formula Product Moment, dan analisis reliabilitas dengan formula Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) instrumen self-efficacy berupa kuesioner terdiri dari 30 butir pernyataan dinyatakan valid dengan nilai CVR lebih besar dari 0,99, serta nilai Product Moment (r hitung) lebih besar dari 0,36 (r tabel), dan reliabel dengan nilai reliabilitas 0,88. (2) instrumen kecerdasan sosial berupa kuesioner yang terdiri dari 28 butir pernyataan dinyatakan valid dengan nilai CVR lebih besar dari 0,99, serta nilai Product Moment (r hitung) lebih besar dari 0,36 (r tabel), dan reliabel dengan nilai reliabilitas 0,87.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...