Kondisi pariwisata mengalami peningkatan yang signifikan setelah pemerintah membuka kran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), destinasi pariwisata menjadi lokus yang harus dikembangkan untuk menunjang perekonomian terutama perekonomian daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dampak city branding dan daya tarik wisata dalam mendorong minat berkunjung wisatawan ke Pantai Camplong Kabupaten Sampang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melaui penyebaran kuesioner dengan metode analisis data mengunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa city branding memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam mendorong minat berkunjung wisatawan ke Pantai Camplong; daya tarik wisata memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam mendorong minat berkunjung wisatawan ke Pantai Camplong; dan faktor utama yang dapat mendorong minat berkunjung wisatawan ke Pantai Camplong adalah faktor daya tarik wisata. Diharapkan pengelola destinasi Pantai Camplong untuk senantiasa melakukan perbaikan dan menjaga kelestarian kawasan wisata, dengan mengajaga kelestarian pohon-pohon yang ada dan menjaga kebersihan pantai dan object wisata dari sampah, serta dapat meningkatkan infrastruktur wisata seperti dengan memperbanyak spot-spot untuk foto yang menarik.
Copyrights © 2022