Adanya kehawatiran mengenai minimnya user experience siswa dalam menggunakan computer based test (CBT) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari pusmenjar, tentunya akan turut menjadi fator yang mempengaruhi penilaian dalam proses Asesmen Nasional (AN). Adopsi CBT AKM dalam kegiatan ujian sekolah dengan harapan bahwa siswa memiliki pengalaman pengguna (user experience) yang lebih baik dengan CBT sejenis. Selain itu, penelitian ini menghadirkan sebuah alat bantu pengelolaan dan pelaksanaan ujian sekolah secara daring. Kegiatan ujian sekolah yang dimaksud adalah penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT). Soal disajikan dalam bentuk pilihan ganda dan uraian jawaban, dengan kategori literasi dan numerasi disetiap mata pelajaran. Aplikasi dirancang berbasis web dengan menggunakan laravel dan MySQL. Dengan adanya rancangan aplikasi ujian sekolah berbasis AKM ini, diharapkan para siswa terbiasa dan memiliki experience yang baik terhadap CBT AKM. Langkah ini dipertimbangkan untuk menjadi salah satu cara jitu mempersiapkan para siswa untuk lebih siap menghadapi AKM dalam rangkaian Asesmen Nasional ditahun selanjutnya. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu mengurangi tingkat kelelahan para guru dalam mengoreksi jawaban peserta ujian untuk soal-soal yang bertipe pilihan ganda. Proses penilaian akan lebih ringkas. Pelaporan hasil ujian akan lebih cepat dan akurat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023