Jurnal Ekonomi Syariah
Vol. 3 No. 1 (2022): Februari 2022

PENGARUH KESADARAN HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MEMBELI PADA PRODUK MAKANAN DI TOKO “RIZQUNA” BLOKAGUNG KARANGDORO BANYUWANGI

Ustanti, Mira (Unknown)
Inayah, Nurul (Unknown)
Yahya, Ubaidillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian: 1) Mengetahui Pengaruh Kesadaran Halal (X1) terhadap Minat Membeli (Y) Produk Makanan Toko “Rizquna”, 2) Mengetahui Pengaruh Religiusitas (X2) terhadap Minat Membeli (Y) Produk Makanan Toko “Rizquna”, 3) Mengetahui pengaruh Kesadaran Halal (X1) dan Religiusitas (X2) secara bersama-sama terhadap Minat Membeli (Y) Produk Makanan Toko “Rizquna”. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif uji hipotesis. Teknik sampel penelitian menggunakan metode accidental sampling. Sumber data penelitian adalah data primer. Teknik analisis data penelitian adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil uji-t (uji parsial) variabel Kesadaran Halal (X1) dan Religiusitas (X2) diketahui nilai koefisien thitung 4.362 dan 3.570 lebih besar dari ttabel 2,048, maka Ha diterima. Hasil regresi tersebut menunjukan terdapat pengaruh antara Kesadaran Halal (X1) dan Religiusitas (X2) terhadap Minat Membeli (Y). Uji-F (uji simultan) variabel kesadaran Halal (X1) dan religiusitas (X2) terdapat pengaruh secara bersama-sama terhadap minat membeli (Y), nilai Fhitug > Ftabel (23.909 > 3,35) dan R­­­­­2 sebesar 65,2%. Kata Kunci: Kesadaran Halal, Minat Beli, Religiusitas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JESDar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Islamic Economics Darussalam is a periodical journal published by Islamic Economics Study Program, Faculty of Islamic Economics and Business, Darussalam Islamic Institute, Blokagung Banyuwangi. This journal specializes in the study of sharia economics, sharia business management, ...