Excelencia : Journal Of Islamic Education & Management
Vol. 2 No. 02 (2022): Excelencia: Journal of Islamic Education & Management

Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Masa New Normal Covid-19 di SDN Krajan 3 Kabupaten Magetan

Ahmad Fathoni Ihsan (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia)
Basuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2022

Abstract

Dalam pembelajaran harus mempunyai strategi pembelajaran karena menjadi suatu cara pengorganisasian isi pelajaran, pemnyampaian pelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan Gerakan literasi dan numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan memahami suatu pernyataan, melalui aktivitas dalam memanipulasi simbol atau bahasa. Bedasarkan gambaran umum yang telah dijelaskan maka tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang strategi sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Untuk mengetahui tentang faktor pendukung dan faktor penghambat proses penerapan strategi pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Untuk mengetahui tentang dampak penerapan strategi pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan studi kasus. Data yang di dapat pada penelitian ini berupa kata-kata dari hasil wawancara dan berupa Tindakan dari hasil observasi. Adapun sumbernya data adalah kata-kata hasil wawancara, data berkenaan tindakan-tindakan diperoleh dari hasil observasi, dan sumber data lainnya dari dokumen dari hasil dokumentasi. Data yang didapat yaitu tentang proses pembelajaran dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaan pebelajaran yang diterapkan ada beberapa strategi yang digunakan oleh pendidik salah satunya dengan penerapan strategi gerakan literasi dan numerasi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca, menulis dan menghitung. Dalam penerapan Pelaksanaan program literasi numerasi di masa New normal dengan cara tiga tahapan yaitu :Tahap pembiasaan, Tahap pengembangan dan Tahap pembelajaran. Kemudian penerapan strategi gerakan literasi dan numerasi tetap dilanjutkan sampai sekarang dan diakhiri dengan melakukan tahap evaluasi, sehingga dengan penerapan gerakan literasi numerasi di masa new normal bisa meningkatan kemampuan peserta didik dalam pengembangan nilai karakter dan mampu meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan menghitung serta bisa mengkatkan nilai kognitif dan psikomotor peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

excelencia

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Excelencia : Journal Of Islamic Education & Manajemen adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Jurnal ini berisi artikel hasil penelitian mahasiswa atau kolaborasi mahasiswa dan dosen Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Lingkup kajian jurnal ini ...