JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pembinaan Berkelanjutan Profesional Guru PAUD melalui Program Microlearning dengan Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam Kurikulum Bermain

Murtafiah Murtafiah (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
M. Syarif Sumantri (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Nurbiana Dhieni (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Pembinaan berkelanjutan profesi guru difokuskan sebagai hal penting untuk peningkatan pendidikan termasuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kurikulum bermain merupakan bagian dari isu internasional dalam pengembangan profesi guru PAUD yang terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas melalui program microlearning dengan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Partisipan terdiri dari 5 guru RA Asy-Syafi`, Banten, Indonesia. Hasil penelitian menemukan bahwa program ini menjadi salah satu alternatif pilihan untuk membantu guru melakukan peningkatan kinerja profesional berkesinambungan, juga menjadi agen perubahan pengetahuan dan keterampilan pedagogik guru, terutama dalam menerapkan kurikulum berbasis permainan. Program microlearning dengan pendekatan TPACK secara terintegrasi juga merupakan wahana guru untuk melakukan pembelajaran transformatif tentang berbagai pengetahuan dan keterampilan pedagogik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...