Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia

Pengaruh Review Beauty Influencer Terhadap Niat Beli Produk Pada Media Sosial YouTube

Reyhan Audie Maulida Permana (Universitas Islam Indonesia Yogyakarta)
Budi Astuti (Universitas Islam Indonesia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Saat ini influencer memiliki peran yang sangat penting dalam memasarkan produk dari brand tertentu kepada audiens mereka. Penelitian dengan variabel yang relatif baru di Indonesia ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaction yang diciptakan oleh audiens dengan beauty influencer Lifni Sanders secara online, bersama dengan kredibilitas influencer yang mereka rasakan, bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi niat pembelian audiens terhadap produk brand Somethinc yang juga dimediasi oleh parasocial physical attractiveness, social attractiveness, dan attitude homophily. Jumlah sampel sebanyak 160 responden dengan metode purposive samplin. Hasil analisis SEM menyatakan ketujuh hipotesis signifikan. Hal ini menunjukkan adanya konten influencer yang baik, akan meningkatkan engagement influencer tersebut sehingga berpengaruh pada meningkatnya minat membeli dan kepercayaan terhadap brand produk yang bekerja sama dengan influencer terkait, sehingga marketer dan influencer mendapatkan keuntungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...