Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia

Pengaruh Kualitas Layanan Penyedia jasa Pekerja (PJP) terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) di PT VPR

Vitra Puji Rahayu (Universitas Pertamina Jakarta Selatan)
Arif Murti Rozamuri (Universitas Pertamina Jakarta Selatan)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Peningkatan penggunaan TKJP di Indonesia diiringi dengan munculnya polemik isu penghapusan TKJP dan maraknya aksi untuk menyuarakan keadilan agar tercapai kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melihat adanya pengaruh Kualitas Layanan yang diberikan PJP terhadap Kepuasan Kerja yang diterima TKJP di PT VPR menggunakan model Internal Service Quality (INTQUAL) yang terdiri dari Tangible, Responsiveness, Assurance, Empathy, Reliability. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan Uji F dan Uji t. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara simultan Kualitas Layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja sedangkan secara parsial Tangible, Reliability, Responsiveness berpengaruh signifikan, sisanya Empathy dan Assurance tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Kerja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...