eProceedings of Art & Design
Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023

PERANCANGAN PROMOSI PADA SATE BANDENG KANG CEPI DI KOTA SERANG

Ariq, Muhammad Naufal (Unknown)
Wirasari, Ira (Unknown)
Syafikarani, Aisyi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

Globalisasi memiliki pengaruh yang sangat kuat terutama di negara Indonesia terutama pada bidang kuliner, dimana para generasi muda mempunyai anggapan dengan mengikuti  pola  budaya  luar  negeri  tidak  akan  tertinggal  oleh  zaman,  hal  tersebut menjelaskan  bahwa  generasi muda  saat  ini  cenderung  lebih menyukai  kuliner-kuliner modern dan mulai  lunturnya kuliner tradisional. Kota Serang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak makanan  khas  salah  satunya adalah  Sate Bandeng dan  Sate Bandeng Kang Cepi selaku pengusaha Sate Bandeng sudah berdiri dari tahun 2002, hingga saat ini Sate Bandeng Kang Cepi memiliki banyak sekali variasi olahannya. Namun Sate Bandeng Kang Cepi mengalami penurunan pada tahun 2019, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan Sate Bandeng Kang Cepi belum ada perancangan promosi yang tepat dan sesuai, Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan mengumpulkan berbagai data dari studi pustaka, observasi, kuesioner hingga wawancara. Kemudian data tersebut akan diolah menggunakan metode AISAS,SWOT sampai AOI, untuk bisa menentukan strategi kreatif pada bagian pesan, visual hingga pemilihan media promosi yang akan dilakukan pada perancangan  kali  ini. Hasil dari penelitian  ini adalah perancangan promosi kreatif berbentuk kegiatan food  truck yang dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pemilik Sate Bandeng Kang Cepi.Kata Kunci: periklanan, promosi, sate bandeng, kota serang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...