AbstrakSekolah merupakan bagian dari industri jasapendidikan, tentunya pendekatan terkait harga yangdapat dilakukan adalah pendekatan bauran harga.Adapun dasar pertimbangan penulis melakukanpenelitian tentang analisis bauran harga denganmenggunakan metode IPA (Importance PerformanceAnalysis), untuk mengukur bagaimana persepsi calonsiswa baru di SMK Telkom 1 Medan terhadap kinerjadan harapan dari strategi bauran harga yang sudahdiimplementasikan selama ini.Tujuan penelitian iniuntuk melihat kepuasan konsumen terhadap atributbauran harga yang sudah diimplemntasikan di SMKTelkom 1 Medan melalui metode IPA (ImportancePerformance Analysis). Penelitian ini menggunakanmetode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa tingkat kepuasan pada konsumendiukur dalam kinerja dan harapan yang ditujukanuntuk bauran harga pada SMK Telkom 1 Medan,dengan nilai rata-rata kinerja yang respondenrasakan sebesar 3,72 sementara harapan dengan hasilnilai rata-rata 3,45. Dapat disimpulkan bahwaresponden sudah merasa puas karena nilai rata-ratakinerja yang lebih besar dibandingkan dengan nilairata-rata harapannya. Namun dari seluruh indikatorpernyataan yang ada masih terdapat satu indikatorpernyataan yang bernilai negatif terkait
Copyrights © 2023