Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA TOKO FRENDY SPORT

Aprianto Karim, Mohamad (Unknown)
Ratnaningtyas, Endah Marendah (Unknown)
Jumadi , Jumadi (Unknown)
Susilawati, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis kelebihan, kekurangan dan ancaman yang terdapat pada toko Frendy Sport dengan menggunakan metode analisis SWOT dan strategi pemasaran yang sebaiknya diaplikasikan pada toko Frendy Sport guna meningkatkan penjualan produk. Jenis penelitian`yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan alat kumpul data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner. Sumber data yang digunakan meliputi informasi dari pemilik toko, karyawan dan konsumen yang berkaitan untuk menunjang keakuratan data. Analisis SWOT merupakan suatu kajian sistematik terhadap faktor-faktor kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weakness) internal perusahaan dengan peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) lingkungan yang dihadapi perusahaan yang untuk memudahkan penentuan strategi pemasaran yang akan dijalankan dalam suatu perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh toko Frendy Sport antara lain dengan memanfaatkan media sosial baik untuk memperluas pemasaran serta meningkatkan promosi dalam penjualan online. 2) Toko Frendy Sport menerapkan analisis SWOT untuk melihat segala situasi yang ada di sekitarnya. Penerapan analisis SWOT pada Frendy Sport ini untuk melihat situasi dan kondisi yang terjadi di dalam masyarakat. Berbagai kekuatan pada produk yang dimiliki, berusaha untuk dimanfaatkan yaitu dengan memberikan jaminan kualitas produk terbaik dengan harga yang ekonomis kompetitif namun tidak merugikan, dan kelemahan yang dimiliki terus diminimalisir. Sedangkan peluang dan ancaman dihadapi dengan melihat peluang-peluang yang ada untuk dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMAE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and Scope Accounting: Financial Accounting Public Sector Accounting Management Accounting Islamic Accounting and Financial Management Auditing Corporate Governance Ethics and Professionalism Corporate Finance Accounting Education Taxation Capital Market Banking Information System ...