Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Vol. 5 No. 2 (2022): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah

Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Lantabur Tebuireng Sidoarjo

Ivanka Mira Nur Aini (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
M. Ruslianor Maika (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mengenai strategi pemasaran Bank Pembiyaan Rakyat Syariah (BPRS) Lantabur Tebuireng Sidoarjo dalam meningkatkan jumlah nasabah. Teori yang dipakai dalam menganalisa adalah teori STP (segmentation, targeting, positioning) dan analisis SWOT dalam memperhatikan situasi serta keadaan pasar Bank Pembiyaan Rakyat Syariah Lantabur Tebuireng Sidoarjo. Penelitian menggunakan metode kualitatif, serta menggunakan sumber data primer dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara yang selanjutnya dianalisa serta di tentukan sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah BPRS Lantabur Tebuireng Sidoarjo menggunakan segmentasi pasar Bank pada segmentasi pasar investasi, serta targeting terletak pada kalangan menengah kebawah melalui maksimalkan kegiatan UMKM. Adapun positioning pada pasar BPRS Lantabur Tebuireng Sidoarjo memanfaatkan teori marketing Mix 4P, produk yang menarik nasabah, harga sesuai peraturan dan sistem, tempat yang strategis dan promosi dari brosur, personal selling, referensi dari nasabah. Pada analisis SWOT strategi pemasaran dapat menghasilkan sebuah alternatif strategi dalam meningkatkan jumlah nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Lantabur Tebuireng Sidoarjo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syarikat

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah meliputi hasil penelitian dan non-penelitian (kajian teoritis, aplikasi teori dan review) tentang masalah-masalah keilmuan yang tergabung dalam rumpun ekonomi ...