SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Identifikasi dan Analisa Kebutuhan Pengembangan Model Pemberdayaan UMKM di Minahasa Utara

Mandang, Andreas S (Unknown)
Wantah, Edwin (Unknown)
Kawulur, Arie F (Unknown)
Manongko, Allen (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pemberdayaan UMKM di Minahasa Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D). Hasil identifikasi masalah dan analisis kebutuhan yang dilaksanakan dengan pelaku UMKM di Minahasa Utara, menggambarkan saat ini banyak permasalahan yang di alami oleh para pelaku UMKM di Minahasa Utara dikarenakan beberapa faktor yang membuat banyak usaha mikro kecil dan menengah banyak yang mengalami kerugian dalam usahanya di karenakan kurangnya bimbingan, pemahaman atau kurangnya informasi dari sarana media yang ada. Dalam hal ini pelaku UMKM sangat membutuhkan suatu model pengembangan pemberdayaan untuk para pelaku UMKM sehingga mereka mudah memahami dan mengatasi permasalahan mereka yaitu dengan adanya pengembangan model dan panduan usaha yang dapat di pahami. Dari hasil paparan dalam identifikasi masalah dan analisis kebutuhan yang dapat disimpulkan bahwa pengembangan pemberdayaan UMKM sangat dibutuhkan karena dalam beberapa faktor seperti permodalan, kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan sumber daya alam dan legalitas sampai saat ini menjadi hal yang membingungkan bagi para pelaku usaha mikro yang baru mulai merintis usaha mereka. Dari observasi kebutuhan, pengembangan model pemberdayaan UMKM dan pentingnya transparasi informasi merupakan hal yang mereka butuhkan untuk mereka mengembangkan usaha mereka. Kata Kunci: Pemberdayaan Ekonomi, Empowermen, Pendidikan Non- Formal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...