SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Minat Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Mutmainna Mutmainna (PPs STIE Amkop Makassar)
Yunarti Yunarti (Unknown)
Tien Kumalasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing terhadap minat masuk perguruan tinggi negeri, studi kasus politeknik pertanian negeri pangkajene kepulauan dan besarnya proporsi pengaruh sosial media marketing terhadap minat masuk perguruan tinggi negeri. Penelitian ini dilakukan Kampus Politani Pangkep dengan responden adalah mahasiswa baru yang lolos ditahun 2022 dengan melakukan pemilihan perguruan tinggi, pendaftaran hingga melihat pengumuman menggunakan media sosial. Responden merupakan perwakilan 15 program studi yang terpilih sebagai sampel sebanyak 78 orang melalui 6 jalur penerimaan yakni SMNPN, SNMPTN, SBMPTN, SBMPN, MANDIRI dan MI. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan menggunakan Software Statistical Package For The Social Sciences (SPSS) versi 22 dan analisis uji instrument (uji validitas dan uji realibilitas). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan media sosial marketing terhadap minat masuk perguruan tinggi (Politani Pangkep) sebesar 53,7 % dan sisanya 46,3% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pengetahuan responden akan perguruan tinggi, ketenaran dan lain-lain. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi diketahui bahwa tingkat hubungan antara sosial media marketing dengan minat masuk perguruan tinggi adalah sedang. Kata Kunci: Media Sosial, Marketing, Perguruan Tinggi, Politani Pangkep

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...