Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui relevansi dari pembelajaran IPS dengan tradisi Hileiya di Gorontalo. Tradisi Hileiya merupakan tradisi gotong royong yang melibatkan masyarakat untuk saling membantu masyarakat yang mengalami kedukaan sehingganya dengan tradisi ini keluarga yang mengalami kedukaan terhibur. Tradisi Hileiya harus terus dilestarikan salah satunya dengan cara mengintegrasikannya dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam Tradisi Hileiya menitik beratkan manusia sebagai makhluk sosial, hal ini dapat terlihat ketika adanya interaksi sesama manusia sehingga dapat menyambung tali silaturahmi antar masyarakat. Tradisi Hileiya juga memiliki nilai religius di dalamnya untuk selalu mengingatkan manusia akan hal apa yang dikerjakan di dunia dan dibawanya sampai ke alam lain. Tradisi Hileiya memiliki makna sangat penting bagi masyarakat. Oleh karena itu, nilai-nilai karakter yang terkandung dalam tradisi Hileiya sangat relevan dan perlu diintegrasikan dalam pembelajaran IPS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023