Hasil dari penelitian ini menunjukan, peranan guru sangat penting dalam membangun kualitas pendidikan. Profesional guru harus bisa dituntut untuk dapat memiliki kompetensi yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai dengam baik. Namun  di SD Negeri 55/I Sridadi pada saat melakukan observasi masih terlihat salah satu indikator tidak masuk dalam profesional guru. Ada 5 indikator yang harus dikuasai guru dalam profesional guru diantaranya (1) Menguasai materi, struktur dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, (2) Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, (3) Mengembangkan mata pelajaran  yang diampu secara skreatif, (4) Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, (5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.                           Pada saat melakukan observasi SD Negeri 55/I Sridadi  Pada Muatan pelajaran IPS pada saat guru mengajar  kurang bervariasi  namun cukup sesuai dengan Rancangan  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Melaksanakan Pembelajaran dengan mengkaitkan teknologi informasi dan komunikasi guru sudah cukup paham dalam mengkaitkan teknologi fasilitas seperti proykter, akses internet dan anak juga sudah memiliki handphone sendiri disini terlihat guru cukup paham dalam  menguasai cara penggunaan teknologi dalam mengkaitkan pembelajaan karena dilihat zaman pendidikan yang semakin maju. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru SD Negeri 55/I Sridadi memiliki kompetensi profesional yang baik menguasai materi, struktur, konsep dan pola, menguasai standar kompetensi dasar dan kompetensi inti mata pelajaran, mengembangkan mata pelajaran, mengembangkan keprofesionalan dengan melakukan tindakan reflektif. Kata Kunci: : Analisis, Kompetensi profesional guru, muatan pembelajaran IPS. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022